Senin, 20 Maret 2017

Pastor Robertus Rubiyatmoko Pr, Uskup baru KAS. Sabtu tanggal 18 Maret 2017

 Pastor Robertus Rubiyatmoko Pr, Uskup baru KAS. (Ist)


PADA hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017, Vatikan telah resmi mengumumkan telah menunjuk Uskup baru untuk Keuskupan Agung Semarang (KAS). Paus Fransiskus melalui siaran resmi yang dilansir Radio Vatikan berbasis di Roma pada Sabtu petang pukul 18.00 WIB merilis kabar bungah tersebut.
Yang ditunjuk menjadi Uskup baru Keuskupan Agung Semarang adalah Pastor Dr. Robertus Rubiyatmoko, dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sebagai dosen dan formator untuk para frater diosesan KAS dan beberapa frater diosesan titipan dari KAJ dan Keuskupan Purwokerto, Pastor Robertus Rubiyatmoko tinggal di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Jl. Kaliurang Km 8, Yogyakarta.
Pastor Ruby –demikian dia biasa disapa oleh teman-teman angkatan di seminari—adalah alumnus Seminari Mertoyudan tahun masuk 1980. Ia adalah teman seangkatan Pastor FX Sukendar, Vikjen sekaligus Administrator Diosesan KAS sekarang.
Situs berbahasa Italia www.unigre.it menyerbutkan, Uskup baru KAS ini lahir di Yogyakarta tahun 1963. Usai menyelesaikan pendidikan tahun rohani sebagai calon frater diosesan KAS di Seminari Tahun Rohani KAS di Wisma Jangli Semarang tahun 1984-1985, ia melanjutkan pendidikan belajar filsafat dan teologi di Fakultas Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan tinggal di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta.
Pada tahun 1992, Pastor Robertus Rubiyatmoko Pr menerima tahbisan imamatnya dari tangan Uskup Keuskupan Agung Semarang waktu itu: Julius Kardinal Darmaatmadja SJ.
Beberapa waktu lamanya sempat menjadi pastor paroki –antara lain di Gereja St. Maria Assumpta Klaten—Pastor Robertus Rubiyatmoko ditugaskan oleh Uskup KAS waktu itu yakni Mgr. Ignatius Suharyo untuk belajar Hukum Gereja di Universitas Gregoriana di Roma hingga akhirnya meraih gelar doktor.
Sepulang dari Roma, Pastor Rubiyatmoko ditugaskan Uskup KAS menjadi dosen moral dan Hukum Gereja di Fakultas Teologi Wedabhakti USD dan menjadi tenaga pendidik (formator) untuk para frater diosesan (KAS, KAJ, KP) di Asrama Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan, Yogyakarta.
Gantikan alm. Mgr. Johannes Pujasumarta
Posisi Uskup Keuskupan Agung Semarang  (KAS) lowok sejak Mgr. Johannes Pujasumarta Pr meninggal dunia pada hari Selasa (10/11)  tahun 2015 pukul 23.30 WIB di RS St. Elisabeth Semarang setelah beberapa waktu lamanya didera penyakit kanker paru. Sebelum mengemban tugas di KAS, almarhum Mgr. Pujasumarta adalah Uskup Keuskupan Bandung mengisi pos yang ditinggalkan Mgr. Alexander Djajasiswaja yang sebelumnya telah meninggal dunia.
Beberapa waktu lamanya usai wafatnya Mgr. Pujasumarta, posisi kepemimpinan KAS kemudian dipegang oleh RD FX Sukendar selaku Administrator Keuskupan dan Vikjen KAS.
Terpilihnya Mgr. Robertus Rubiyatmoko Pr menjadi Uskup baru Keuskupan Agung Semarang menjadi hadiah berarti bagi KAS. Apalagi di bulan Juli-Agustus 2017 mendatang, KAS akan menjadi tuan rumah bagi 7th Asian Youth Day 2017 dimana da setidakya 3.000-an OMK dari 29 negara di Asia akan berpartisipasi dalam perhelatan iman di kalangan orang muda katolik se-Asia ini.
Proficiat Mgr. Robertus Rubiyatmoko. Sugeng makarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar